Sygmature Smart Village Documentary : Lucky or Unlucky [Episode 1]

Desa Kemuning merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karang Anyar, Jawa Tengah. Desa yang terletak di lereng Gunung Lawu bagian Barat ini memiliki luas 669,30 ha dengan jumlah penduduk 7.160 jiwa. Desa yang memiliki potensi perkebunan teh ini menjadikan UMKM sebagai salah satu wadah industri kreatif yang dapat mengangkat pamor Desa Kemuning. Selain itu, ditambah dengan panorama alam yang indah mendorong masyarakat untuk dimanfaatkan sebagai agrowisata. Namun, sebagian besar pelaku wisata masih belum memiliki pengetahuan dan kompetensi tentang bidang kepariwisataan. Selain itu, belum adanya manajemen yang baik dan koordinasi antar kelompok, program kerja yang belum tersusun dengan tepat, serta sistem manajemen keuangan dan pemasaran yang masih sangat terbatas. Berangkat dari masalah tersebut, desa Kemuning mengimplementasikan digitalisasi desa pada program smart village nusantara untuk pengembangan wisata di desa ini yang terdiri dari smart government, smart economy, dan smart society.

Sygmature Smart Village Documentary : Lucky or Unlucky [Episode 1]

Nah, setelah mengetahui gambaran awal mengenai Desa Kemuning dan penjelasan singkat tentang program Smart Village Nusantara, di scene ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai perkembangan digital di Desa Kemuning melalui program Smart Village Nusantara yang mana tim The 8th Connection 2022 telah melalukan wawancara kepada para tokoh penting di Desa Kemuning sebagai narasumber. Tokoh yang menjadi narasumber, diantaranya:

  1. Bapak Widadi Nur Widyoko, S.Sos. selaku Kepala Desa Kemuning.
  2. Bapak Wiryawan, S. Hut., M. Ec. Dev. selaku Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kemuning.
  3. Mas Dwi Saryanto selaku Kepala Urusan Perencanaan Desa Kemuning dan Operator Smart Village Nusantara.
  4. Mas Landri Sumarmo, S.E. sellu Ketua BUMDES Kemuning.
  5. Mba Krisni Prema Ayu Apsari selaku wakil Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Desa Kemuning.
Mau tahu lebih lanjut lagi bagaimana kelanjutannya mengenai perkembangan digitalisasi di Desa Kemuning? Yuk simak video berikut ini dan berikan komentar terbaik kamu di kolom komentar ya!

Sygmature Smart Village Documentary : Rural Development, Now and Then [Episode 3]

Desa Kemuning memiliki berbagai sumber daya pariwisata yang berpotensi untuk membangun desa. Pariwisata merupakan sebuah industri baru yang harus dimaksimalkan potensinya, karena seiring dengan kesejahteraan masyarakat. Sejak tahun 2014, Desa Kemuning mulai memetakan potensi yang bisa dikembangkan menjadi wisata desa. Hingga saat ini banyak pengunjung dari luar desa berdatangan untuk liburan di Desa kemuning. Memanfaatkan pesona alam yang ada berkolaborasi dengan digitalisasi desa menambah kualitas pariwisata desa.

#The8thConnection2022

#HIMASIERA2022 #KabinetRAYA #SieraBerkarya Reach us on IG: @connection_ipb Id Line: @726yihsl Web: connection.skpm.ipb.ac.id