You need to Login to Vote!
Poster Vlog
Card image cap

“Yesterday is a history, Tomorrow is a mystery, and Today is a Gift, That is why it is called The Present” That’s what Master Oogway from Kung-Fu Panda Said. I think that quote is really relate with what happened in this current situation. We must be prepared and not cocky because we never know what will happen in the future, and today we must be ready for the “gift. Maybe it will be a good gift or maybe it will be a bad gift. No matter what kind of gift that we got, we must accept it and adapt it.

ADAPT

Author : Ashrar Ghaffar Nagabe dan M. Habil Syaputra
37 people have voted
Card image cap

Inginnya bertegur sapa kabar dengan seluruh Indonesia. Tapi, kondisi seperti ini tidak mungkin untuk aku mengetahui Indonesia secara luas. Mungkin aku awali dengan kabar kotaku sendiri.

Bandung

Apa kabar?

iya - apakabar? Apakabar kita semua, apakabar kalian? pertanyaan ini sejenak hadir ketika sadar 2020 tinggal menghitung hari.

kabar juga tentang Bandung dan seisinya - tempat pijakan ku di bumi yang belum sempat ku tegur karena kehatidiran tamu baru yang datang tiba-tiba tanpa surat sebelumnya.

tamu ini spesial bagi aku juga sekitarku, dia guru baru yang bermetafora - memberikan waktu istirahat terhadap bumi yang biasanya harus terus berotasi tanpa henti.

Terimakasih waktu beristirahatnya, karena kamu - sebuah proses perjalanan ini semakin lebih bermakna.

hmm. Satu hal lagi - terimakasih tempat ku berpijak, karena tulisan bandung bagiku bukan cuma masalah geografis, lebih jauh dari itu melibatkan perasaan yang bersamaku ketika sunyi, baru kurasakan sekarang karena kehadiran kamu yang tanpa surat ini.

Apa Kabar?

Author : Yara Falmira
61 people have voted
Card image cap

Rasa percaya yang masih terjaga, menjadi salah satu faktor manusia dapat hidup bersama di desa. Saling mengingatkan dan memberi dukungan di segala keadaan, menguatkan rasa aman kala dunia sedang menyerukan ketakutan. Untungnya aku bisa hidup bersama mbahku, walau di desa, dan banyak informasi bersumber dari "katanya" tapi tetangga, saudara, keluarga tetap satu rumahnya, yaitu rasa saling percaya.

Video ini menceritakan tentang kebiasaan saling memberitahu info terkini di kalangan warga desaku, terlebih kebiasaan tersebut bisa bermanfaat untuk penyebaran informasi penting di kondisi pandemi saat ini.

Jarene

Author : Aganta Ramadaanu
85 people have voted
Card image cap

Loka wisata Baturaden berada di kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Di kecamatan Baturaden ini ada beberapa kawasan wisata yang terletak di lereng selatan Gunung Slamet. Salah satunya adalah loka wisata Baturaden. Banyak wisatan dari luar kabupaten bahkan luar provinsi berkunjung ke daerah ini. Kawasan ini berada di daerah yang cukup tinggi sehingga membuat lingkungan sekitar dingin dan sejuk. Meskipun di era new normal ini sempat ditutup kemudian baru mulai dibuka kembali, namun kebersihan dan keasriannya tetap terjaga hingga sekarang. Banyak tempat-tempat menarik di dalam loka wisata ini yang membuat pengunjung bisa lebih rileks dan tenang. Kawasan wisata di Baturaden menjadi salah satu hal yang menjadi kebanggaan masyarakat Banyumas dalam bentuk kearifan lokal yang sampai sekarang masih terjaga dengan baik.

Asmaraloka

Author : Pradita Ajeng S, Ferdinand Rifky, Sesa Yoni
151 people have voted
Card image cap

Bali merupakan destinasi pariwisata yang terkenal hingga
mancanegara. Beberapa destinasi wisata di Bali yaitu pantai Sanur dengan pasir putih, ombak tenang dan akomodasi yang lengkap. Ada juga museum Bali yang menyimpan artefak etnografi dalam ruangan representasi kabupaten sehingga pengujung akan merasa keliling Bali hanya dalam satu tempat. Yang terakhir yaitu pasar senggol yang terkenal dengan kuliner khas Bali, seperti betutu, babi guling dan jajanan tradisional. Ketiga tempat tersebut merupakan sebagian kecil dari pariwisata bali. Sebelum berwisata, pastikan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak serta mengecek suhu tubuh.

New Normal, New Local Wisdom of Bali Tourism

Author : Ni Made Dwi Wahyuni, Kadek Ryo Aryawan, Putu Rista
18 people have voted
Card image cap

Untuk mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), ayo para pemuda dan pemudi, segera bangkit dan berdayakan dirimu! Walau masih belia, kita pasti bisa berkontribusi serta membuat perbedaan!
‘Kenal Pandemi’ adalah tahap pertama dalam kegiatan pemberdayaan diri. Di sini, kita hendaknya meningkatkan pemahaman mengenai Covid-19. Jika telah memahami, ayo lanjutkan dengan ‘Manfaat Diri’, yakni menumbuhkan tekad berkontribusi dalam penanggulangan pandemi. Tahap selanjutnya adalah ‘Berdaya Diri’. Pada tahap ini, mari merenungkan hal-hal apa lagi yang dapat dilakukan sebagai wujud kontribusi dalam AKB. Tahap akhir adalah ‘Mantap Diri’, dimana kita bisa membentuk komunitas maya demi menularkan keberdayaan terkait Covid-19 serta pentingnya mendukung AKB.

PS-BB (PEMUDA SEHAT, BERDAYA BERANTAS) COVID-19

Author : Raka Raynata
838 people have voted
Card image cap

lesson learned,
change the strategy,
change the way.
be strong now
things will get better
it might be stormy now
but it can't rain forever
new normal, new way.

New Normal New Way

Author : Syam Hafiva Thasya
531 people have voted
Card image cap

Kita mulai berubah keadaan dimana himbauan pemberlakuan psbb diterapkan. Menarik diri dari rasa bebas, perkuat disiplin sosial. Covid telah menelan banyak korban. Covid bukan hanya berdampak pada kesehatan masyarakat tapi juga berdampak di segala tatanan hidup masyarakat. Maka dari itu, Kabupaten Tegal mencanangkan untuk menerapkan New Normal atau Kebiasaaan Baru.

New Normal adalah suatu adaptasi kebiasaan baru yang mengikuti protokol kesehatan. Strategi Penerapan New Normal di wilayah Kabupaten Tegal menyesuaikan karakteristik dan budaya daerah setiap dimensi masyarakat. New Normal mempengaruhi dinamika budaya dan sosial masyarakat Desa Danawarih. Masyarakat didorong beradaptasi dengan adanya kebiasaan baru.

Mulai dari kebijakan supervisi di pelayanan publik. Pelayanan masyarakat diketatkan dengan adanya syarat menerapkan protokol kesehataan, seperti penggunaan handsanitizer, jaga jarak dan pemakaian masker. Pembatasan-pembatasan yang dicanangkan. Perketat protokol kesehatan sebagai syarat pelayanan publik. Menuju masyarakat disiplin dan peduli akan kesehatan.

Transisi New Normal, melingkupi wilayah penghubung antar desa. Mobilitas masyarakat dibatasi, namun nyatanya kegiatan masyarakat tak terhalangi untuk terus melaju dan beradaptasi. Dari awalnya penutupan jembatan gantung, akhirnya kembali buka dibatasi kuotanya, pengecekan suhu, tersedianya tempat cuci tangan, kewajiban memakai masker.

Bukan hanya itu saja, kebiasaan new normal berbasis kearifan lokal memaksimalkan peran komunitas dalam menjaga kesehatan. Ruang aktivitas terus berjalan dan masyarakat tetap berinteraksi dibentengi penerapan protokol kesehatan. Nyatanya, covid 19 tidak dapat menghentikan masyarakat bersosialisasi satu sama lain. Hanya fisik yang berjarak namun hati selalu dekat.

Mendorong perubahan perilaku menuju adaptasi kebiasaan baru memang tidak mudah. Tapi, bukan berarti tidak dapat dilakukan sama sekali. Dengan adanya pembatasan, bukan berarti langkah kita untuk bersama menjadi terbatas, kan?

BATAS

Author : Azzah Hanifah
67 people have voted

×
×